Tips Memilih Hosting Yang Baik

Tips Memilih Hosting Yang Baik

Tips memilih hosting sebenarnya sudah pernah kami posting sebelumnya di twiitter kami http://twitter.com/cloud_MILD dan sudah kami rangkum di Tips sebelum memilih hosting. Namun, tidak ada salahnya jika kami bahas kembali dengan penjelasan yang lebih baik disini. Memilih hosting yang bagus terkadang menjadi pilihan yang tidak mudah bagi sebagian orang. Banyaknya layanan web hosting yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga murah kadang membuat bingung para calon client. Oleh karena itu kami akan coba berbagi tips memilih hosting yang baik :

Beberapa Tips Memilih Hosting

1. Fasilitas / Fitur Hosting

Setiap hosting memiliki fitur / fasilitas yang terkadang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, hal ini menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan. Fitur tersebut dibagi menjadi  beberapa bagian seperti panel hosting dan database server yang digunakan. Untuk panel hosting ada yang menggunakan Cpanel sebagai panel hostingnya dengan alasan panel hosting tersebut sudah familiar dikalangan hoster. Namun ada juga yang menggunakan selain Cpanel seperti kloxo-mr, zpanel dan webuzo dengan alasan untuk menekan biaya pengeluaran dan biaya yang harus dibayarkan client untuk sewa hosting.

2. Backup

 Backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan. Backup memiliki dua tujuan. Tujuan utama adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu di masa lalu [1].

Hosting provider biasanya menyediakan backup mingguan dan bulanan. Namun tidak salahnya bagi client untuk mempunyai backup sendiri, selain backup yang dimiliki oleh pihak hosting provider.

3. Support

Support yang aktif dan ramah dapat membantu menyelesaikan masalah anda terkait hosting. Support itu mencakup hal teknis dan non teknis. Contoh support dalam hal teknis seperti support tentang pengaturan DNS domain, database dan hosting. Contoh support dalam hal non teknis seperti support tentang pembayaran. Untuk mengetahui seberapa baik support yang mereka berikan, anda bisa menilainya lewat testimoni yang diberikan client mereka. Atau anda bisa bertanya-tanya dahulu tentang support yang mereka berikan.

4. Stabilitas Server Dan Uptime

Stabilitas server dan uptime mencakup beberapa hal seperti spesifikasi server yang digunakan, performa network/jaringan dan keamanan. Patut disadari bahwa infrastruktur IT di indonesia belum sebaik di luar negri, sehingga dengan beberapa alasan banyak orang lebih suka memilih lokasi hosting di luar negri. Alasan tersebut antara lain port speed, bandwith IX yang lebih kecil di banding IIX dan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan luar negri yang spesifikasinya sama.

Untuk mengetahui stabilitas dan uptime server anda harus menanyakan hal tersebut ke hosting provider. Karena semakin penting website anda, maka semakin penting pula stabilitas dan uptime server hosting.

5. Harga

Ini adalah hal yang paling akhir kita bahas, namun bisa menjadi bahan pertimbangan yang berat bagi anda saat menentukan hosting provider yang akan anda gunakan. Mahal atau murah harga yang ditawarkan hosting provider tidak bisa anda lihat hanya dengan melihat value akhir yaitu Harga. Namun anda perlu juga mempertimbangkan hal seperti fitur hosting yang ditawarkan dan support yang diberikan. Hosting provider yang menggunakan panel hosting berbayar tentu akan lebih mahal dari hosting provider yang menggunakan panel hosting gratis.

Kesimpulan Tips Memilih Hosting

Tips memilih hosting yang kami berikan diatas bukanlah sebuah hal wajib yang harus ada, namun adalah beberapa hal yang patut anda perhatikan ketika memilih hosting provider

Anda harus jeli melihat keseluruhan apa yang ditawarkan oleh sebuah hosting, bukan hanya value akhir yaitu Harga. Ada performa ada harga, harga murah bukan berarti kualitas rendah.

Semoga Bermanfaat

(rh)

 

Sumber :

1. Wikipedia